Sabtu, 07 Oktober 2023

Analisis Lingkungan Bisnis Dengan SWOT Analysis

 Pada kesempatan kali ini , saya akan membahas tentang ”Analisi SWOT” dan sebelum lebih lanjut saya akan menjelaska apa itu analisis SWOT dan juga empat strategi yang dimaksud dalam SWOT.  

Analisis SWOT, analisis yang dapat mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk dapat memutuskan strategi perusahaan yang diinginklan sehingga mendapat keuntungan yang optimal, Analisis ini didasarkan pada suatu logika/nalar yang dapat menghasilkan suatu kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalisirkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada didalam sutu perusahaan.

Juga dalam membangun bisnis, yang merupakan matching tool penting untuk membantu para pebisnis atau organisasi bisnis harus mengembangkan empat tipe strategi.

Keempat tipe strategi yang dimaksud?

1.      Strategi SO (Strength-Opportunity)

Ø Kekuatan untuk meraih keuntungan dari peluang yang ada

2.      Strategi WO (Weakness-Opportunity)

Ø .memperkecil kelemmahan dengan memanfaatkan keuntungan dari peluang.

3.      Strategi ST (Strength-Threat)

Ø Kekuatan untuk menghindari ancaman

4.      Strategi WT (Weakness-Threat)

Ø Memperkecil kelemahan dan menghindari ancaman

 

Tujuan dari Analisis SWOT

Analisis SWOT memiliki banyak tujuan, diantaranya yaitu:

Ø Membantu menemukan aspek yang mencakup kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari usaha yang dijalankan.

Ø Lebih memaksimalkan kekuatan dari usaha, meminimalisir kelemahan usaha Anda, mencegah ancaman yang ditimbulkan dari usaha yang dijalankan, dan memaksimalkan peluang yang bisa diperoleh.

Ø Memberikan gambaran pada situasi yang sedang dihadapkan oleh usaha Anda.

 

Sekarang dalam pembahansan kali ini kita akan menentukan sebuah bisnis dan memberikan sedikit gambaran secara singkat dan jelas mengenai bisnis tersebut. Dan  bisnis yang saya pilih adalah membuka Warung kopi “Tradisional Kekinian”. Yang mana Warung kopi “Tradisional Kekinian” ini menggunakan kopi tradisional yang di sajikan dengan gaya yang kekinian dan menggunakan bahan yang ramah lingkungan tanpa pengawet.

Ringkasan Eksekutif

Kopi merupakan salah satu minuman yang dapat dibilang digemari oleh masyarakan pada usia 26/ usia 30-60 tahun. Dan kopi yang disajikan bukan saja kopi hitam dan americono melainkan ada juga jenis kopi lain seperti cappuccino frappucino dan ada lagi.

Karna pada zaman sekarang ini yang sudah semakin canggih sudah banyak inovasi-inovasi yang dilakukan, hingga produk yang mengenai kopi menjadi semakin beragam. Sihingga tidak hanya masyarakan pencita kopi saja yang menikmatinya, melainkan masyarakat yang tidak mengenal minuman kopi/ yang kurang suka minuman kopi juga banyak yang menikmatinya.

Dan tentu saja banyak usaha-usaha kopi baru yang menawarkan kelibihan-kelebihan tersendiri. Oleh karena itu usaha kopi yang dijalani ini sebuwah warung kopi dengan produk minuman kopi dengan penyajian yang berbeda.

Deskripsi Bisnis

Warung kopi “Tradisional Kekinian” yang merupakan usaha dengan yang bergerak di bidang yang berbahan baku kopi. Yang mana dapat diminum selagi dingin maupun panas dan berbagai cuaca.

·         Nama dan lokasi usaha

Ø  Nama usaha warung kopi “Tradisional Kekinian”. Lokasih depan jalan dekat sekitaran perkantoran.

·         Visi dan Misi usaha

Visi:

Ø  Menjadi sebuah bisnis yang dapat membantu menyajikan seyuman dan kebahagiaan dari secakir kopi yang diberikan.

Misi:

Ø  Menyajikan kopi dengan harga terjangkau

Ø  Menciptakan varian kopi yang menarik dan juga nikmat

Ø  Meluaskan jangkau pemasaran

 

Analisis SWOT Warung kopi “Tradisional Kekinian”

1.        Kekuatan/Strength

Ø Lokasi yang strategis. Dimana Warung kopi “Tradisional Kekinian” tersebut berada di lokasi depan jalan dan dekat sekitaran perkantoran.

Ø Warung kopi “Tradisional Kekinian” yang memberikan layanan yang baik dan memuaskan.

Ø  Harga yang bersaing. Dimana harga pada menu yang disediakan lebih murah jika dibandingkan dengan warung kopi lainnya.

 

2.        Kelemahan/Weakness

Ø Merupakan warung kopi baru, belum dikenal oleh masyarakat.

Ø Sulitnya mendapatkan tenaga kerja yang kompeten.

Ø Merupakan warung kopi yang berdiri sendiri.

Ø Kurang peduli dengan ketatnya persaingan.

 

3.        Peluang/Opportunity

Ø Luasnya pangsa pasar.

Ø Banyaknya orang yang suka minum kopi diluar.

Ø Tersedia bagi masyarakat yang ingin bersaintai dan sambil minum kopi.

 

4.        Ancaman/Threaths

Ø Meningkatnya bisnis warung kopi.

Ø Menu yang tidak sesuai harapan konsumen.

Ø Cabang warung yang belum menyebar di berbagai daerah.

Ø Harga yang naik atau tidak stabil bisa membinggungkan untuk menentukan harga.


Kesimpulan

Jadi tujuan utama dari analisis SWOT adalah untuk meningkatkan kesadaran akan faktor-faktor yang digunakan untuk membuat keputusan bisnis atau menetapkan strategi bisnis. Untuk melakukan ini, SWOT menganalisis lingkungan internal dan eksternal dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kelangsungan keputusan. Dan oleh karena itu SWOT merupakanhal yang penting dalam merancang/mendirikan bisnis.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Lingkungan Bisnis Dengan SWOT Analysis

  Pada kesempatan kali ini , saya akan membahas tentang ”Analisi SWOT” dan sebelum lebih lanjut saya akan menjelaska apa itu analisis SWOT d...